Rabu, Juni 16, 2010

Sesal di Belakang

Suatu hari di SMU Nusa Bangsa..
“Andi…tungguin aku dong..!!”teriakan seorang gadis bernama Annisa memecahkan keheningan suasana sekolah di pagi hari.  
Anak yang bernama Andi menghentikan laju motornya di depan halaman sekolah.  
“Ada apaan, Cha?”  
“Ntar siang anterin aku ke tempat laundry ya! Mami nitip diambilin gorden ma bedcover dan harus diambil siang ini. Kamu mau kan?”  
“Gimana ya? Lihat situasi ntar siang dulu ya! Soalnya kadang Inta minta ditemenin makan di kantin sebelum pulang. Atau.. gini aja, kamu tanya ma dia ntar pulang bareng aku apa nggak?”
“Inta tuh siapa sih? Perasaan aku belum pernah denger nama dia.”
 
“Inta tuh Cinta. Aku biasa manggil dia dengan nama itu. Memang kedengaran aneh ya?”  
“Dia? Dia sapa sih?”

Dari arah gerbang sekolah tiba-tiba datang seorang gadis setengah berlari dengan wajah berseri-seri dan sontak menggandeng tangan Andi dari belakang.

“Nih dia orangnya..!”  
“Ada apaan sih? Lagi ngomongin sapa sih? Boleh ikutan nggak?”
“Nggak kok, lagi ga nggak ngomongin sapa-sapa. Perasaan kamu aja kali. Ndi, aku duluan ya.. Yuk Mel.”


Jadi dia yang dimaksud Cinta ma Andi. Amelia..Amelia.. sejak kapan sih kamu dekat sama Andi. Kenapa aku nggak pernah tahu kalo kamu sedekat itu sama dia. Aku harus cari alasannya kenapa Amelia sampai dekat dengan Andi.

“Duh Icha, ada angin apa sih kok kamu sampai pasang muka bersungut-sungut kayak gitu? Lagi ada masalah nih,Cha?”  
“Tahu nih Di, aku hanya sedikit ngerasa kesel aja. Eh, kamu tahu nggak sejak kapan Andi deket ma Amel?”  
‘Oo..jadi karena itu kamu jadi pasang tampang kayak gitu. Udahlah Cha, masih banyak orang yang lebih baik dari Andi. Buat apa sih kamu masih berharap bisa dapetin dia?”  
“Sampai kiamat!” lalu beranjak masuk kelas.

Cha, andai saja kamu tau kalo aku suka banget ma kamu sejak pertama kali kita bertemu. Entah kapan kamu akan menyadarinya. Sambil beranjak masuk ke dalam kelas dan mengambil tempat duduk di depan Icha.
“Udahlah, Cha. Masalah kayak gitu nggak usah kamu pikirin dalem-dalem. Aku takut ntar kamu malah jadi nggak konsentrasi ma belajarmu. Tuh! Pak Budi lagi berjalan menuju kesini.”

Bagaimanapun caranya Aldi membujuk Icha, dia tidak akan bisa melupakan kejadian itu.
---***---
“Gimana? Kemaren lusa jadi nemenin Amel makan? Aku nyariin kamu kemana-mana nggak ada.”
“Sori Cha, aku nganterin dia belanja di mall. Mana pulangnya kesorean pula. Habis doi ngajakin aku nonton film sekalian. Sori banget ya aku nggak jadi nganterin kamu. Terus, kemaren kamu dianterin ma siapa ke Laundrynya?”
“Aku diantar ma Aldi, kan rumahnya searah jadi sekalian aja. Jadi ga ada masalah kan?”
“Ya sih ga masalah,tapi aku jadi ga enak karena ga jadi nganterin kamu. Maybe next time kali ya..”
“Santai aja lagi Ndi, kayaknya aku dah ga perlu bantuan kamu lagi kok. So.. enjoy your time. Aku ga mau ganggu waktumu dengan Cinta.” Sambil berlalu dari hadapan Andi. Icha menekankan suaranya saat mengucapkan kata Cinta.

Kok jadi kayak gini sih? Maksud dia apa sih? Aku jadi nggak ngerti. Apa mungkin dia cemburu ma Amel. Tapi mana mungkin? Dia kan Cuma anggap aku temannya ga lebih dari itu. Masa bodolah, yang jelas aku ngerasa aku ga punya masalah ma Icha.
---***---
“Gimana, udah bilang ma Andi? Dia bilang apa? Dia minta maaf ma kamu ga?”
“Udah, tadi aku cegat dia saat mo masuk kelas. Dia ga bilang apa-apa sih. Cuma minta maaf aja dan bilang mungkin lain kali bisa nganterin aku.”
“Hah..dia cuma bilang kayak gitu doang ma kamu. Kayak ngerasa ga ada salah aja. Udahlah ceraiin aja napa sih? Buat apa kamu selalu mikirin dia terus? Cowok tuh semuanya emang kayak gitu,kecuali aku.”
“Dasar kamu! Kamu tuh pasti sama aja lagi ma cowok-cowok yang lain.”
“Kalo ga percaya kamu bisa buktiin deh!”
“Ga deh, makasih. Aku ga mau ngerepotin kamu lagi kayak kemaren. Lagipula aku takut ntar ada yang marah kalo aku terlalu deket ma kamu. Habis yang aku denger, selain Andi ternyata kamu juga populer di mata cewek-cewek.”
“Ya udah kalo nggak mau. Aku ke kantin dulu ya. Mau ikut nggak?”
“Nggak deh, thanks. Aku masih agak kenyang. Ntar aja pulang sekolah aku ke kantin.”
---***---
“Sebenarnya apa sih maunya si Andi. Kenapa seolah dia selalu sakitin hatinya Icha. Apa sih sebenarnya salah Icha ma dia. Apa dia salah kalo suka ma Andi?” sambil menyeruput es jeruknya.
“Apa Al? aku denger kamu barusan ngomongin Andi, terus kok bawa nama-nama Annisa segala. Memang apa hubungannya ma dia”
“Kebetulan kamu ada disini Mel, aku mo bicara sebentar ma kamu. Singkat aja ga usah panjang-panjang.”
‘Ya udah buruan katakan!”
“Icha suka ma Andi udah lama, tapi dia ga berani ungkapinnya karena takut kalo Andi anggap dia cewek gampangan. Dan jujur aja dia sempet shock waktu tahu kamu jadian ma Andi!”
“Oo.. jadi gitu. Pantesan akhir-akhir ini sikap Andi beda. Bilang ma Icha, kalo suka bilang-bilang dan jangan coba-coba ngerebut cowok orang.”
“Icha bukan orang yang seperti itu. Dia ga akan melakukan hal itu!”
“Oke, kita buktiin aja.”
---***---
Ting!!Tong!!Ting!!Tong!!
“Ya..” sambil membuka pintu “Mau cari sapa ya?”
“Aldinya ada tante?”
“Oo..ada. mari masuk..”
“Makasih tante, di luar aja ga lama kok.”
“Sebentar ya tante panggilin. Ga lama kok”

Lima menit kemudian…

“Eh kamu Cha, ada apa? Loh.. kok kayaknya mo nangis gitu. Lagi ada masalah apa sih? Mungkin aku bisa bantu.”
“Al.. kamu yang cerita ma Amel ya kalo aku suka ma Andi. Karena setahuku yang tahu kalo aku suka ma Andi Cuma kamu aja. Please Al, jawab yang jujur!”
“Iya.. aku yang bilang ma dia. Aku cuma ga pingin kamu terluka aja kalo selalu mengharapkan dia. Lagipula kamu kan juga sudah tahu kalo dia udah punya cewek.”
“Tapi Al.. tadi Amel dateng kerumah. Dia memaki-maki aku. Dia bilang aku pasti bakalan ngerebut Andi dari tangannya. Ini semua salah kamu Al! aku harus gimana sekarang?” sambil menangis.
“Aduh.. kamu kok jadi nangis gini sih.. aku jadi ngerasa bersalah banget. Aku juga ga tahu harus gimana sekarang.”
“Ya udah.. kalo gitu, temenan kita sampai sini aja ya? Aku kecewa ma kamu. Bye…!” kemudian berlari meninggalkan rumah Aldi.
“Kok jadi berantakan kayak gini sih. Aku kan maksudnya baik bilang kayak gitu ma Amel. Harus gimana nih??”
---***---
“Cha.. maafin aku dong.. aku ngaku kalo salah. Harusnya aku ga bilang hal itu ma Amel. Aku harus ngapain sih biar kamu bisa baikan lagi ma aku? Jujur.. sebenarnya aku sayang ma kamu. Aku ga bohong!”
“Terserah apa katamu. Yang jelas aku ga pingin kenal kamu lagi dan satu hal.. aku ga butuh sayang dari kamu!”
“Terserah deh kamu mau bilang apa. Klo kamu ga bisa maafin aku juga gapapa. Yang jelas kalo kamu ada masalah aku masih siap untuk membantu kamu. Thanks dah mau berbagi ma aku.” Saat mau berbalik keluar dari kelas, tiba-tiba datang Andi yang nada-nadanya lagi membutuhkan bantuan seseorang.

“Cha, boleh bicara sebentar di luar?’ mendengar Andi bicara seperti, Aldi urung pergi ke kantin dan duduk kembali di kursinya.
“Mm… disini aja mendingan. Aku lagi males keluar kelas. Gak papa kan?”
“Ya udah gapapa. Mm…gimana ya..? Sebenarnya aku pingin ngajak kamu keluar malam ini. Tapi kamu bisa nggak ya?”
“Apa?? Keluar? Bukannya kamu bisa pergi ma Amel? Kenapa harus ngajak aku?”
“Justru itu masalahnya. Aku ngajak kamu supaya Amel bisa pergi. Dia ga boleh pergi kalo hanya berdua aja.”
“Jadi.. kamu mau jadiin Icha alasan supaya Amel bisa diajak pergi? Aku ga setuju dengan pendapatmu!”
“Hei..apa urusan kamu sama Icha. Kamu hanya temannya kan?”
“Kamu salah Ndi, Aldi adalah cowokkku. Kami udah jadian. Sekarang kamu bisa kembali ke kelasmu atau.. cari cewek lain aja deh yang bisa kamu ajak jalan. Aku yakin pasti banyak cewek-cewek lain mau diajak jalan!”
“Loh..bukankah kata Amel kamu tuh suka ma aku? Kok sekarang tiba-tiba kamu bilang udah jadian ma Aldi?”
“Kami emang baru aja jadian dan belum banyak orang yang tahu. Jadi sekarang udah jelas kan? Yuk Di,kita pergi ke kantin aja!” sambil menarik tangan Aldi.

Andi hanya termangu memandang kepergian mereka berdua.. hanya terdiam membisu dan merasakan sakit yang mendalam.. perih.. satu hal yang ingin terucap tak pernah tersampaikan. Dalam hati ia berkata:”…aku telah kalah.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar